Wawancara Praktik Kerja SKB CPNS Kemenag Tahun 2019



Teman-teman, aku bagi pengalaman wawancara praktik kerja pada SKB CPNS Kemenag Tahun 2019. Yang masih aku inget aja ya pastinya. 

UU ASN

Pertama kalian bakal ditanya seputar UU Nomor 15 Tahun 2014 Tentang ASN. Pelajarin aja UU ASN, apalin dan pahami, minimal kalian pahami Ketentuan Umum dan Pasal-Pasal Awal.  Pertanyaannya seperti ini.
  • Tau UU ASN
  • Sudah mempelajari
  • Asas ASN apa
  • Kode etik ASN
  • Sebutkan nilai dasar Profesi ASN
  • Fungsi Tugas dan Peran ASN
  • Apakah Manajemen ASN

Penguasaan Bidang Jabatan

Formasi yang aku ambil "Analis Program Penyuluhan" formasi ini berbeda dengan Penyuluh Agama. Penyuluh Agama adalah jabatan fungsional tertentu yang memiliki aturan dalam Permenpan RB Nomor 9 TAhun 2021. Sedangkan Analis program penyuluhan adalah jabatan fungsional umum. Namun pengetahuan tentang Penyuluh Agama sangat berguna juga. 

Pertanyaan yang disampaikan pewawancara seperti ini. 
  • Apa formasi yang kamu pilih?
  • Mengapa kamu memilih formasi itu?
  • Apa yang kamu ketahui tentang formasi yang kamu lamar?
  • Bagaimana kamu memulai suatu kegiatan? (Melalui pertanyaan ini, pewawancara akan memberi pertanyaan semakin detail).
  • Bagaimana cara melaksanakan kegiatan?
  • Bagaimana cara mendokumentasikan?
  • Bagaimana cara publikasi hasil kerja?
Pengalaman kerja

Pengalaman kerja kalian juga akan ditanyakan?
  • Sebelumnya sudah bekerja atau belum?
  • Bekerja dimana?
  • Apa yang menjadi bidang pekerjaan sehari-hari?
Kemampuan Teknologi Informasi
  • Bisa word? Biasanya apa yang kamu kerjakan dengan word?
  • Bisa PPT? Buktikan aja kalau bisa!
  • Bisa Excel? (Kalian bakal ditanya dengan berbagai fungsi excel. Seperti sum, if, pivot, dan banyak lagi. Pelajari, jangan sampai kalian baru dengan fungsi yang diucapkan pewawancara).
  • Google drive, bahkan sampai jumlah ruang penyimpanannya dan sejenisnya. 
Kemampuan Bahasa Asing
  • Perkenalan dengan bahasa inggris, 
  • Menceritakan pengalaman kerja dengan bahasa asing,
  • Berdakwah dengan bahasa asing
Siapin aja itu, kalau nggak bisa bahasa asing bilang aja nggak bisa. wkwkw


Oh iya, karena pertanyaan2 pada sub bab, penguasaan bidang jabatan adalah pengetahuan umum, jadi akan aku share jawaban ketika aku disodori pertanyaan itu. 

Pertama, Bagaimana kamu memulai suatu kegiatan? 

Secara singkat, hal yang harus dilakukan untuk melaksanakan suatu program kegiatan secara berurutan sbb. 
1. Pemetaan potensi 
2. Pemetaan hambatan/inventarisir permasalahan
3. Perencanaan program
4. Publikasi
5. Tanggapan publik dan perbaikan rencana
6. Pelaksanaan
7. Monitoring
8. Evaluasi
9. Pengembangan
(Dalam menjelaskan urutan kegiatan tersebut, sebaiknya diberikan penjelasan secara singkat. Mengingat, waktu kita terbatas).

Untuk memulai suatu kegiatan, saya harus terlebih dahulu melakukan pemetaan wilayah, baik pemetaan segi kondisi sosial, ekonomi, keagamaan, ekonomi dan sebagainya. Kemudian disusun Daftar Infentarisir Masalah. 
Melalui proses pemetaan wilayah tersebut, akan diketahui potensi dan tantangan yang mungkin dihadapi.  
Dalam menjalankan pemetaan ini, dapat dianalisis dengan berbagai metode, salah satunya menggunkaan analisis SWOT. Dimana melalui analisis SWOT, kita dapat mengetahui hal-hal berikut. 
  1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (adventage) dari peluang (opportunities) yang ada. 
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada.
  3. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaram (threats) yang ada.
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threars) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. 
Kedua, Bagaimana cara melaksanakan kegiatan? 

Dari hasil pemetaan, disusun rencana program kegiatan, termasuk metode, juknis, dan materi, yang biasa dituangkan dalam bentuk Term of Reference
Sebelum memulai suatu kegiatan, perlu koreksi untuk penyempurnaan. 
Selain koreksi, perlu dilakukan koordinasi dengan stakeholders untuk menyatukan persepsi guna mencapai tujuan yang diharapkan, sehingga output dan outcome dari pelaksanaan kegiatan menjadi kinerja yang nyata. 
Setelah koreksi, dilakukan publikasi untuk mendapatkan tanggapan publik. Dimana dengan tanggapan publik yang masuk, dapat dijadikan bahan  penyempurnaan. 
Setelah mendapat persetujuan dari atasan, baru dilaksanakan program kegiatan tersebut.  

(dari jawaban ini bisa jadi teman-teman ditanya bagaimana metode pelaksanaan kegiatannya. Tapi kalo aku kemaren sih engga ditanya)

Ketiga, Bagaimana cara mendokumentasikan?
Dokumentasi kegiatan meliputi foto kegiatan, notulensi, dan laporan hasil kegiatan yang terangkum dalam satu naskah. Berdasarkan laporan hasil kegiatan ini, dilakukan evaluasi guna memperoleh perbaikan dan pengembangan program kegiatan. 

Keempat, Bagaimana cara publikasi hasil kerja?
Publikasi kinerja dilakukan melalui pemberitaan, media sosial resmi dalam bentuk foto kegiatan dilengkapi caption, flowchart, yang dibuat sesimpel mungkin, namun menarik, informatif, dan mudah diakses masyarakat secara luas.  

Waktu wawancara kurang lebih 30 menit. 
Ada satu lagi, 
Kalau pendidik biasanya pada praktik kerja diminta untuk mengajar, jadi pada youtube2 pasti diminta untuk siapkan silabus dan media mengajar. 
Untuk teman2 yang mengambil jabatan fungsional umum juga harus siapkan materi untuk presentasi. 
Aku dulu siapkan makalah dan ppt presentasi sesuai dengan formasi yang aku lamar. 

0 komentar